Senin, 15 Desember 2008

Setting Cisco VPN CLient on Windows 2003 Server

Sudah hampir 3 minggu ini saya dibuat pusing dikarenakan masalah settingan Cisco VPN Client pada Windows 2003 Server selalu gagal. Oh ya, kenapa harus menggunakan Cisco VPN Client pada Windows 2003 Server, lho server kok pake vpn client ???

Yup, agak aneh memang, tapi mau tidak mau memang saya harus menggunakan vpn client agar server yang saya configure dapat masuk ke satu jaringan. Hal ini dikarenakan konfigurasi dari sistem aplikasi yang saya buat mengharuskan sinkronisasi over cloud, namun karena menuntuk kemudahan dan security pada db-to-db connection, maka saya pilih menggunakan vpn connection saja sebagai bridge untuk membangun koneksi antar server. Hal lain, tentunya karena pada satu server telah ada vpn server serta jaringan yang memadai.

Untuk melakukan instalasi Cisco VPN Client pada windows 2003 Server, pilihlah VPN Client dengan versi lebih besar dari versi 4.7, untuk informasi lengkapnya, klik disini.

Download VPN Client di web site resmi Cisco, atau jika agak susah registernya, bisa mencoba disini.

Awalnya saya menginstall VPN Client versi 4.6, dan mendapati "Error 422 : Failed to enable virtual adapter", dan akhirnya setelah mencari-cari melalui mbah google, saya dapati bahwa versi yang dapat digunakan adalah versi 4.7 keatas.

Setelah saya install versi 4.8.xxx, holla..., running like a charm, it's perfect !!!

Opps, ini masih di salah satu server yang harus melakukan sinkronisasi, bagaimana dengan server lainnya ? Maka jadilah saya ke client saya yang lain, install cisco vpn client pada server, trial, but...

I've got the error again, even with the same version that I've installed on other machine.

Pfff, masalah muncul lagi.

Akhirnya, ketika sudah berbagai versi terbaru saya coba install, coba mengikuti setiap cara yang ada pada beberapa forum, maka tibalah saya dengan cara "goblok".

Saya bandingkan properties Network Connection masing2 server pada Cisco Connection, saya samakan saja semua component yang dipakai, hasilnya ???

Holla, it'was succeed...

Ternyata, windows 2003 server hanya membutuhkan component berikut agar dapat menjalankan Cisco VPN Client :
- CLient for Microsoft Network
- Deterministic Network Enhancer
- Internet Protocol (TCP/IP)

Lainnya ??? Buang saja, alias uninstall.

And then, that's run perfect...

Happy coding again dude.

--
from my cracky weeks

Tidak ada komentar: